BREAKING

Minggu, 15 Januari 2012

2nd INDONESIAN NASHEED AWARD 2012

Yuks berpartisipasi, dukung nasyid/solois/grup favoritmu :

Forum Silaturahim Nasyid Indonesia dan Aliansi Radio Islam Indonesia proudly presents :


2nd INDONESIAN NASHEED AWARD 2012


Sebuah perhelatan akbar pertama di Indonesia, sebuah penghargaan atas karya cipta anak bangsa dalam bernasyid, inilah nominasi untuk 2nd Indonesian Nasheed Award :


KATEGORI ACAPELLA

A. LAGU FAVORIT
1. AYO KITA SEMANGAT - MAHIBA
2. SENYUM – THE CS
3. RESAH – FATIH
4. RENUNG - AWAN
5. PAMIT – D’MESSEJ

B. GRUP FAVORIT
1. FATIH
2. THE CS
3. AWAN
4. MAHIBA
5. D’MESSEJ

KATEGORI HAROKI
A. LAGU FAVORIT
1. BEKERJA UNTUK INDONESIA – SHOUTUL HAROKAH
2. A DAY TO BUILD OUR DREAM – IZZATUL ISLAM
3. LEMBAYUNG – IZZATUL ISLAM
4. JEJAK – IZZATUL ISLAM
5. RABITHAH – IZZATUL ISLAM

B. GRUP FAVORIT
1. IZZATUL ISLAM
2. SHOUTUL HAROKAH

KATEGORI MUSIK
A. LAGU FAVORIT
1. KIERU TO MODORU – AKA CANOVEA
2. JANJI KITA – GSV
3. TEGAR – SYAMIL
4. HADAPI HAYATI NIKMATI – SIGMA
5. 7 SURGA – EDCOUSTIC FEAT. FIKA

B. DUO/GRUP FAVORIT
1. EDCOUSTIC
2. SIGMA
3. GSV
4. AKA CANOVEA
5. EFZIEL

C. SOLOIS FAVORIT
1. DJAY LAZUARDI
2. ALIEF
3. ALI AHMAD
4. SYAMIL
5. OPICK

KATEGORI ISLAMIC ROMANTIC
A. LAGU FAVORIT
1. BELAHAN JIWA – HAWARI
2. JATUH CINTA – ALIEF
3. MENGUKIR CINTA DI BELAHAN JIWA – MAIDANY
4. JANGAN JATUH CINTA – MAIDANY
5. MENGGAPAI RIDHO ILAHI – TASHIRU

B. SOLOIS/DUO/GRUP FAVORIT
1. ALIEF
2. TASHIRU
3. SIGMA
4. HAWARI
5. MAIDANY

KATEGORI LAGU FAVORIT MANCANEGARA
1. MAHER ZAIN – BARAKALLAHULAKUMA
2. MAHER ZAIN – SEPANJANG HIDUP
3. SAUJANA – NOTA CINTA
4. MESUT KURTIS – BELOVED
5. MAHER ZAIN – INSHA ALLAH


caranya : join ke grup ini https://www.facebook.com/groups/359905994034832/ , klik like di masing2 nominasinya

ikuti timeline seputar perhelatan INDONESIAN NASHEED AWARDS.Follow us on twitter. http://twitter.com/INasheedAwards  

Blues, Musik yang Berakar dari Tradisi Islam

Blues dikenal sebagai sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS). Musik yang mulai berkembang pesat pada abad ke-19 M itu muncul dari musik-musik spiritual dan pujian yang biasa dilantunkan komunitas kulit hitam asal Afrika di AS. Musik yang menerapkan blue note dan pola call and response itu diyakini publik AS dipopulerkan oleh 'Bapak Blues'--WC Handy (1873-1958).

Percayakah Anda bahwa musik Blues berakar dari tradisi kaum Muslim? Awalnya, publik di negeri Paman Sam pun tak meyakininya. Namun, seorang penulis dan ilmuwan serta peneliti pada Schomburg Center for Research in Black Culture di New York, Sylviane Diouf, berhasil meyakinkan publik bahwa Blues memiliki relasi dengan tradisi masyarakat Muslim di Afrika Barat.

Untuk membuktikan keterkaitan antara musik Blues Amerika dengan tradisi kaum Muslim, Diouf memutar dua rekaman. Yang pertama diperdengarkannya kepada publik yang hadir di sebuah ruangan Universitas Harvard itu adalah lantunan adzan--panggilan bagi umat Islam untuk menunaikan ibadah shalat. Setelah itu, Diouf memutar Levee Camp Holler.

Rekaman kedua itu adalah lagu Blues lawas yang pertama kali muncul di Delta Mississippi sekitar 100 tahun yang lalu. Levee Camp Holler bukanlah lagu blues yang terbilang biasa. Lagu itu diciptakan oleh komunitas kulit hitam Muslim asal Afrika Barat yang bekerja di Amerika pasca-Perang Sipil.

Lirik lagu Levee Camp Holler yang diperdengarkan Diouf itu terdengar seperti panggilan suara adzan--berisi tentang keagungan Tuhan. Seperti halnya lantunan adzan, lagu Levee Camp Holler itu menekankan kata-kata yang terdengar bergetar. Menurut Diouf, langgam yang sengau antara lagu Blues Levee Cam Holler yang mirip adzan juga merupakan bukti adanya pertautan antara keduanya.

Publik yang hadir di ruangan itu pun takjub dengan kebenaran bukti yang diungkapkan Diouf. "Tepuk tangan pun bergemuruh, sebab hubungan antara musik Blues Amerika dengan tradisi Muslim jelas-jelas terbukti," papar Diouf. "Mereka berkata, 'Wow, benar-benar terdengar sama. Blues ternyata benar berakar dari sana (tradisi Islam)'."

Belajar Ring Vokal

  • Bagi teman-teman nasyid mesti butuh untuk meluaskan ring vokal. dari ring rendah sampai ring tinggi. nah untuk merendahkan ring suara kita kita coba membuka tenggorokan kita seperti pelafatan huruf hijaiyah Ha. tepat di pangkal tenggorokan.dan untuk menambah power dan biar suara tidak cepat habis maka tambah berlatih pernafasan diafragma.

    Untuk melatih ring biar luas yaitu dengan sering2 mencoba melafatkan tangga nada dari C = do dasar naik smpe oktaf yg tinggi dan turun smpai oktaf yg rendah. setiap latihan di kasih patokan maksimal sampai not nada apa. dan kalo latihan ini suara harus lepas.tidak boleh di tahan. klo suara di tahan bisa terjadi beberapa kemungkinan salah satunya suara bisa cepat habis

    Maksudnya pernafasan diafragma yaitu kita ambil nafas masukkan ke perut dengan cara menggembungkan perut. dan nafas itu tadi di tahan. menahannya tidak boleh menngunakan tenggorokan. tapi dengan cara mengencangkan otot2 di perut. nah otot2 itu namananya diafragma. Trus tahan beberapa detik. habis itu lepaskan nafas. tapi melepaskannya dengan irit. dengan tetep menekan perut ke dalam sampai perut kempas.

    Untuk melatih falseto teorinya juga hampir sama..saat perpindahan dari suara asli ke suara falseto,tenggorokan di buka lebar-lebar seperti kita menguap...



  • (sumber : https://www.facebook.com/groups/219956891421985/doc/220516744699333/)
     
    Copyright © 2013 ANN DKI JAKARTA
    Design by FBTemplates | BTT