BREAKING

Kamis, 12 Januari 2012

Teknik Membuat Publikasi (Studi Kasus : Poster Konser Nasyid Peduli Palestina KNRP)

 Oleh : Hanafi (Desainer Grafis www.infopercetakan.com)

Poster di samping ini merupakan salah satu project yang baru saja saya selesaikan pekan lalu. Adalah IZIS production sebagai EO acara konser nasyid ini yang meminta saya untuk menyelesaikannya dalam waktu sepekan. Alhamdulillah, dengan ijin Allah, saya bisa menyelesaikannya tepat waktu, mulai dari desain sampai proses cetaknya.

Sebenarnya proses pembuatan media komunikasi visual semacam ini secara teknis bisa diselesaikan secara cepat. Terutama untuk proses cetaknya. Bahkan durasi 1 hari pun bisa. Biasanya yang lama justru proses desainnya. Kenapa? Karena untuk membuat poster bukan sekedar menampilkan gambar/foto dan tulisan semata. Gambar dan foto serta tulisan yang menyertainya harus bisa menjawab pertanyaan 5W+1H yaitu what, who, why, when, where, dan how (apa, siapa, mengapa, kapan, dimana dan bagaimana).

Setelah semua pertanyaan itu terjawab, pastikan bahwa jawabannya benar. Lho..maksudnya gimana? Ya jawabannya harus benar tidak boleh salah. Sebab kalo salah bisa merugikan kedua belah pihak yaitu yang memberi info dan juga yang menerima info (dalam hal ini pembaca poster itu). Contohnya, dalam poster ini "when" nya adalah Rabu, 29 Juni 2011. Coba cek di kalender, benarkah tanggal 29 Juni itu hari Rabu. Jika benar berarti Anda beruntung karena ketika Anda datang pada hari Rabu tanggal 29 Juni nanti ke Hall Basket Senayan Anda akan mendapatkan konser nasyid di sana. Coba misalnya when nya di jawab dengan Minggu, 29 Juni 2011. Apa yang terjadi? Sudah pasti orang akan bingung. Sebab antara tanggal dengan hari nya tidak sinkron. Ini kelihatannya memang hal sepele. Namun, akibat yang ditimbulkan tidak sepele lagi, bisa dua pele, tiga pele bahkan lebih loh...

Jadi, itulah yang menyebabkan mengapa proses desain poster (atau brosur, dll) lebih lama dari pada proses cetaknya. Itu baru bicara konten. Belum lagi bicara konsep desainnya, warnanya, dan elemen-elemen desain lainnya. Semua harus dipersiapkan, dicek dan ricek lagi, agar pesan bisa sampai dengan benar kepada para pembaca.

Demikianlah mudah-mudahan bermanfaat.

About ""

Asosiasi Nasyid Nusantara (ANN) adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah bagi para munsyid, penggiat nasyid, produser Nasyid, distributor nasyid, pencinta nasyid, lembaga, institusi, dan media massa maupun masyarakat umum yang ingin mendukung Nasyid.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 ANN DKI JAKARTA
Design by FBTemplates | BTT