BREAKING

Senin, 12 Desember 2011

Nasyid Adalah Bagian Dari Dakwah

Nasyid Adalah Bagian Dari Dakwah (Wawancara WartaIslam.com dengan Kang Hendra Mupla (Ketua ANN Jawa Barat)


Wartaislam.com-Disadari atau tidak, kendati eksis kondisi perkembangan nasyid khususnya di Jawa Barat tidak seramai dulu sekitar tahun 2000-an. Akantetapi hal ini tak menjadikan para pelaku nasyid lantas berhenti berkaya. Bukan saja dalam bidang seni, namun nasyid adalah bagian dari dakwah. “Karena itulah dengan kondisi yang ada sekalipun kami mencoba tetap eksis. Buktinya awal 2011 lalu kami pun berhasil menggelar Festival Nasyid ANN 2011 yang menghasilkan album kompilasi ANN Jabar yang dilaunching baru-baru ini,” terang Hendra Gunawan, ketua Asosiasi Nasyid Nusantara Wilayah Jawa Barat dalam sebuah kesempatan kepada wartaislam.com.
Menurutnya, untuk mempertahankan kondisi nasyid yang ada di Jawa barat ini maka terbentuklah ANN jabar tanggal 16 Agustus 2006 dengan tujuan agar bisa menjadi para pelaku nasyid di Tatar Parahyangan yang menjadikan nasyid sebagai pilihannya dalam berdakwah di dunia seni. “Kita berharap nasyid ini bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Selama ini kita sering kebanjiran Nasyid asal negeri Jiran. Sudah saatnya nasyid Indonesia tampil konsisten khususnya tim-tim nasyid asal jawa barat ini,”  ungkapnya dalam kesempatan itu.
Masih katanya, nasyid memang berkurang dan kalah dikenal dengan music religi karena publikasi di media khususnya TV justeru berkurang. Dulu ada dua TV Swasta yang berani menyelenggarakan Festival Nasyid, sekarang justeru tidak. Belum lagi saat pamor aa Gym turun langsung atau tidak langsung nasyid juga menurun. “Kami di ANN akan berusaha sekuat tenaga agar nasyid tetap diterima khalayak khususnya umat Islam. Berbagai cara akan kami tempuh termasuk menembus mayor label agar dikenal publik secara luas,” ujarnya.
Hendra pun berharap kepada para pelaku nasyid untuk tidak putus asa dalam berjuang. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk terus eksis di jalur nasyid. Nasyid sendiri merupakan bagian dari dakwah itu sendiri, karenanya yang terjun di dalam nasyid tidak sekedar menghibur namun begitu ia pun melakukan dakwah pula untuk mengajak umat ke jalan kebaikan.”Mari kita pertahankan nasyid yang ada agar terus diterima kaum muslimin sampai kapanpu. Sekali lagi teruslah berjuang agar nasyid tetap jaya di negeri tercinta ini,” pungkasnya.(WI-003)

About ""

Asosiasi Nasyid Nusantara (ANN) adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah bagi para munsyid, penggiat nasyid, produser Nasyid, distributor nasyid, pencinta nasyid, lembaga, institusi, dan media massa maupun masyarakat umum yang ingin mendukung Nasyid.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 ANN DKI JAKARTA
Design by FBTemplates | BTT